iklan banner

Ngakak Bisa Bikin Perut Kita Jadi Kencang Loh!

“Jangan lupa bahagia” begitu orang-orang sering mengingatkan di media sosial.
Bentuk ekspresi bahagia kebanyakan orang ada yang disampaikan lewat tersenyum simpul, tersenyum lebar, sampai tertawa ngakak bahkan sampai ada yang terbahak-bahak.
Jika senyum mendatangkan kesehatan untuk jiwa kita, ternyata tertawa sampai terbahak-bahak punya efek luar biasa bagi tubuh kita. Saat tertawa, tubuh juga membakar kalori yang jumlahnya sama dengan ketika kamu melakukan jalan cepat. Oh wow!
Nggak cuma itu, bahkan dengan tertawa sampai terkekek saja, sudah bisa melatih otot dan bisa membakar sekitar 10 kalori per jam. Hal itu pernah diungkapkan Dr Helen Pilcher, PhD., seorang ahli biologi sekaligus komedian yang belum lama ini melakukan riset tentang efek tertawa pada diet penurunan berat badan.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tawa yang intens bisa membakar hingga 120 kalori dalam satu jam. Seperti halnya ketika seseorang jalan cepat dalam durasi yang sama. Tertawa intens yang dimaksud adalah tawa yang lepas dan spontan, tidak terkontrol atau tertawa sampai terguling-guling yang istilah populernya ROFTL --rolling on the floor laughing. 
Jadi, ketawa yang sampai menimbulkan guncangan di perut, bisa membakar 100 kalori per jam, guys! Sementara ketawa kecil-kecilan tapi konstan (sulit berhenti) dalam satu jam aja bisa membakar sekitar 20 kalori.

Tips Perut Kencang

Ada penjelasan ilmiah di balik 'tawa sehat bakar kalori' ini. Para ilmuwam menemukan bahwa ada satu jaringan otot, disebut dengan 'internal obliques' yang berperan penting menciptakan penampakan six pack pada perut. Saat tertawa, jaringan otot-otot ini akan aktif. Bahkan tertawa disebut-sebut lebih efektif mengaktifkan 'internal obliques' ketimbang latihan sit-up.

Selain itu tertawa juga meningkatkan peredaran darah, berguna untuk latihan kardiovaskular yang menggunakan banyak energi sehingga membantu pembakaran kalori. Dr Helen pun menghubungkan manfaat ini dengan menonton acara komedi.

"Laporan ini meningkatkan kemungkinan bahwa menonton acara komedi bisa membantu Anda memiliki perut six pack dengan menargetkan pada otot internal oblique yang lebih efektif ketimbang sit-up," ujar Helen, seperti dikutip dari Daily Mail.   

"Saya benar-benar merasa (perut) lebih kencang setelah berjam-jam nonton komedi di TV," tambahnya.

Tertawa memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membakar kalori. Yang perlu dicermati dari hasi penelitian ini, bahwa tertawa nggak bisa menggantikan total manfaat dari olahraga.

jadi tipsnya adalah kamu olahraga sambil nonton stand up komedi. Atau olahraganya sambil ngakak, jadi double kan manfaatnya, sehat jiwa dan raga!

Sumber : HAI
Previous
Next Post »
Comments
iklan banner