Dollar New Zealand Jadi Mata Uang Terkeren Di Dunia

. . No comments:


Udah tahu belom kalau mata uang dollar New Zealand ternyata jadi mata uang dengan desain terbaik di dunia lho? Tepatnya untuk uang kertas pecahan 5 dolar New Zealand, dimana desain dan estetikanya dianggap menakjubkan oleh Komunitas Uang Kertas Internasional alias International Bank Note Society (IBNS).
Ada alasan kenapa uang kertas pecahan 5 dollars ini memenangkan Bank Note of The Year Awards 2015. Seperti dilansir dari World Economic Forum, Kamis (28/4), uang 5 dollar New Zealand tersebut mengalahkan hampir 40 nominasi desain mata uang dari 20 negara lainnya.
Tim IBNS menilai, desain mata uang 5 dolar tersebut punya gabungan gambar dan fitur keamanan yang menakjubkan. Dari pilihan warnanya, mungkin kebanyak mata uang akan memilih warna merah, hijau atau biru, namun uang 5 dollar NZ itu berwarna oranye kecoklat-cokelatan dengan fitur gambar pendaki gunung New Zealand, Sir Edmund Hillary dan Mount Cook (Aoraki) di satu sisi lain.
Sementara di bagian sisi belakangnya ada gambar pinguin bermata kuning (Hoiho) dengan warna yang bisa berubah seperti hologram.
“Ternyata  uang kertas NZ indah juga ya, baru nyadar. Uangnya juga kuat sih, pernah kecuci tapi nggak lecek,” kata Grace Susetyo, mahasiswi yang sedang kuliah di New Zealand kepada HAI, Jumat (29/4).
Testimoni Grace soal uang 5 dollar yang di dompetnya itu juga dinilai juri IBNS punya niai artistik dan desain yang imajinatif, serta aspek keamanan yang baik.
Tidak semua mata uang dunia bisa ikut dinilai dalam penghargaan oleh IBNS, pasalnyua untuk bisa menjadi bagian dalam penghargaan ini, uang tersebut harus diluncurkan pertama kali dalam tahun yang sama saat penghargaan itu dilakukan, dan harus sudah beredar.
Nah, pada 2015, hampir 150 uang kertas diluncurkan, namun hanya 40 yang layak masuk nominasi. Setelah melalui proses panjang, uang 5 dollar New Zealand itulah terpilih menjadi yang terbaik.
Di posisi kedua ditempati 5 poundsterling Skotlandia, selanjutnya ada 20 kronor Swedia, 100 Rubel Rusia dan 20.000 tenge Kazakhstan.
Beberapa negara yang telah memenangkan penghargaan ini yaitu Trinidan & Tobago (2014), Ugada (2010), Bermuda (2009), Samoa (2008), Skotlandia (2007, Komoro (2006), Kepulauan Faroe (2005) dan Kanada (2004). Sementara Kazakhstan pernah tiga kali menjadi yang terbaik yaitu pada 2011, 2012 dan 2013.
Komunitas Uang Kertas Internasional adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada 1961. Tujuan organisasi yang beranggotakan 100 negara ini adalah memperkenalkan, mendorong dan memajukan studi terkait uang kertas di seluruh dunia.
Sumber : HAI

No comments:

LIVE STREAMING

Loading the player...

YOUTUBE CHANNEL

Monumen Cinta Habibie Ainun

FAN PAGE

INSTAGRAM

Twitter

KUNJUNGAN