iklan banner

Jangan Langsung Tidur Sehabis Sahur!

Sering banget kita ngantuk sehabis sahur dan ingin langsung tidur, namun ini justru dapat menimbulkan beberapa penyakit.
Masa sih?
Sebenarnya ya, tidur sehabis makan merupakan hal yang menurut ilmu kedokteran nggak boleh dilakukan. Setelah kita mengonsumsi makanan, sistem pencernaan kita membutuhkan beberapa waktu untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi di dalam makanan dengan baik.
Berkaitan dengan ini, ada beberapa jenis makanan yang bisa dicerna dengan mudah contohnya adalah nasi atau kentang, namun ada beberapa jenis makanan yang lama untuk dicerna seperti daging dan gorengan.
Kondisi semakin diperparah ketika makanan belum tercerna dengan baik di perut, namun kemudian kita tidur. Pasalnya, sistem pencernaan kita juga melambat saat tidur.
Dari kondisi tersebut, muncul beberapa penyakit yang berisiko timbul apabila kita langsung tidur sehabis sahur. 

Nyeri Ulu Hati

Tidur terlentang setelah makan merupakan hal yang sering dilakukan oleh kita karena rasanya sangat nyaman. Namun ternyata hal ini justru membuat sistem pencernaan kita sulit untuk bekerja. Terkadang dapat muncul nyeri panas di daerah ulu hati.
Hal ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung. Rasa panas ini bisa menyebar ke dada dan tenggorokan, sehingga dapat mengganggu tidur dan dapat memicu timbulnya penyakit GERD dan maag.
Human Digestive System, Human Internal Organ
Reflux
GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan.
Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada.
Source : TRIBUNNEWS

Previous
Next Post »
Comments
iklan banner