iklan banner

Ini Dia 10 Topik Twitter Paling Populer Di Indonesia Tahun 2016



Nggak terasa, tahun 2016 udah tinggal menghitung hari. Dalam setahun ini ada banyak peristiwa yang terjadi di Tanah Air. Beberapa diantaranya kemudian menjadi fenomena karena ramai diperbincangkan di ranah media sosial. Salah satu media sosial yang kerap digunakan netizen buat memperbincangkan berbagai topik adalah Twitter. Melalu fitur hashtag, para pengguna Twitter udah bisa mengetahui topic apa yang sedang hangat dibahas secara real-time.

“Sebelum suatu berita muncul sebagai headline di media online, pembahasannya sudah lebih dulu ada di Twitter. Bahkan nggak jarang pembahasan di Twitter memicu suatu berita muncul,” kata Head of Partnership Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, Selasa (06/12) seperti dikutip dari Kompas.com.

Menjelang akhir tahun 2016, Twitter Indonesia memaparkan 10 topik paling populer yang dibahas pengguna Twitter di Tanah Air. 10 topik ini sendiri teridentifikasi dari berbagai sumber. “Bukan Cuma dari tagar, melainkan juga kata kunci kicauan dan seberapa banyak topic itu dijadikan perbincangan netizen,” kata Roy Simangunsong, Country Head Twitter Indonesia. Ini dia 10 topik Twitter paling populer di Indonesia pada tahun 2016.

1. Ramadhan
Momen Bulan Ramadhan menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas oleh para pengguna Twitter pada tahun ini. Sepanjang Ramadhan tahun ini, Roy mengatakan jumlah kicauan pengguna Twitter rata-rata meningkat 10 persen. Berbagai informasi dibagikan para pengguna di akun Twitter mereka. Seperti waktu Buka Puasa, Imsak, Kegiatan Ramadhan, hingga kicauang bernada guyonan saat waktu ngabuburit.

2. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir Meraih Medali Emas Olimpiade
Salah satu prestasi membanggakan olahraga Indonesia di Tahun 2016 ini menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan di Twitter. Ganda campuran dari cabang bulu tangkis, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil mengembalikan tradisi emas Olimpiade untuk Indonesia pada bulan Agustus lalu.
Ungkapan rasa haru dan bangga banyak ditumpahkan para netizen di Twitter. Bahkan Presiden Joko Widodo juga turut menyelamati prestasi dua talet ini melalui Twiter.
“Kicauan Jokowi menjadi Golden Tweet 2016 di Indonesia karena kicauan itu sangat banyak di- retweet, diperbincangkan, dan menjadi penanda kebanggan kita semua,” kata Roy

3. HUT Kemerdekaan RI Ke-71
Perayaan Hut Kemerdekaan RI Ke-71 pada 17 Agustus lalu juga menjadi topic hangat di Twitter. Para Netizen banyak yang menyampaikan doa dan harapan mereka melalui media Twitter.

4. Aksi Terorisme di Sarinah
Aksi pengeboman yang terjadi di Sarinah pada awal tahun ini banyak menghebohkan netizen di dunia maya. Hashtag #KamiTidakTakut kala itu menjadi Trending topic di Indonesia dan kemudian menjadi Trending Global. Selain itu, kemudian muncul solidaritas bernuansa guyonan yang muncul dengan tagar #PolisiGanteng dan #KamiNaksir berkaitang dengan aksi polisi saat kejadian itu.

5. EURO 2016
Tahun ini kompetisi sepak bola terbesar di Eropa, Euro 2016 kembali diselenggarakan di Perancis. Even ini banyak digunakan oleh para netizen buat menyuarakan dukungan kepada masing-masing tim jagoannya di media Twitter. Hasilnya, Euro 2016 pun menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan para netizen di Twitter.

6. Gerhana Matahari Total 2016
Fenomena langka Gerhana Matahari Total juga terjadi pada tahun ini. beberapa daerah di Indonesia menjadi titik lokasi terbaik buat menyaksikannya. Nggak hanya dari dalam negeri, banyak turis mancanegara yang juga nggak mau ketinggalan menyaksikan mome langka ini. Berbagai bahasan soal momen ini banyak yang menghebohkan lini masa Twitter pada saat itu.

7. Love BTS
Pembahasan tentang budaya populer juga masuk dalam daftar ini. Salah satunya adalah pembasan tentang salah satu grup Kpop, BTS. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pembahasan tentang Love BTS yang muncul di Twitter.

8. Timnas Sepakbola Indonesia
Hingga saat ini kompetisi AFF yang masih berlangsung berhasil membangkitkan rasa nasionalisme para netizen yang ditumpahkan di Twitter. Banyak netizen yang memberikan dukungannya kepada Timnas Sepakbola di AFF melalui tagar #TimnasDay.

9. Bom Madinah
Aksi bom yang terjadi di Madinah juga sempat menggegerkan netizen di Tanah Air. Banyak tanggapan yang kemudian disuarakan para pengguna Twitter melalui akun media sosialnya masing-masing.

10. Pertandingan Persib
Selama ajang Turnamen Sepak Bola TSC 2016, kesebelasan Persib Bandung ramai dibahas di Twitter. Para pendukung tim tersebut gencar menyuarakan pujian dan bertukar informasi tentang tim sepak bola pujaan mereka tersebut.
Previous
Next Post »
Comments
iklan banner