Ransomware WannaCry dan Perbedaannya Dengan Virus Biasa

. . No comments:


WannaCry bikin "wanna cry!"

Pada Jumat (12/5), warga dunia dihebohkan dengan menyebarnya ransomware WannaCry. Ancaman yang satu ini dianggap sangat berbahaya karena menyandera data-data penting, seperti data pasien di rumah sakit.

Akibatnya, pelayanan rumah sakit di beberapa negara, termasuk Indonesia, mengalami gangguan. Ancaman virus ransomware itu pun sampai disebut sebagai “terorisme cyber” oleh Semuel Abrijani Pangarepan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, karena memang sangat berbahaya.

Lha, terus apa bedanya dengan virus komputer lain? Kok yang ini kayaknya heboh banget?
Gini, jauh sebelum ransomware, serangan di dunia cyber memiliki motif dan jenis ancaman yang berbeda.

Lebanyakan virus yang beredar beberapa tahun silam lebih banyak bertujuan untuk ngerusak sistem komputer. Kalo virus ransomware merupakan metode penyandera data digital yang ujung-ujungnya meminta tebusan.
http://assets.kompas.com/crop/0x0:1000x667/750x500/data/photo/2017/05/13/1257541302.jpg
Si penjahat cyber bakal menyandera atau mengunci data yang baru bisa dibuka setelah korban membayar uang tertentu.

Yap, anggap aja virus komputer jadul itu cuma perusuh yang ngerusak rumah. Setelah rusak, kita bisa benerin bagian rumah yang rusak.

Nah, kalo si WannaCry ini penculik. Makanya, kita harus ngasih uang tebusan supaya orang yang diculik bisa dibebasin. Kalo nggak dikabulin, kerugiannya pasti lebih gede kan?
Udah paham sekarang?

Source : KOMPAS

No comments:

LIVE STREAMING

Loading the player...

2LAPANCM - MINGGU INI

#2LAPANCM sehabis siaran!

FAN PAGE

Twitter

KUNJUNGAN