File MP3 Segera Dipensiunkan. Bagaimana Dengan Lagu-Lagu Kita?

. . No comments:

Jenis file ini emang populer, tapi nggak lama lagi MP3 bakal dipensiunkan.

The Fraunhofer Institute, perusahaan yang mengembangkan audio digital di masa-masa awal pemegang lisensinya, bilang bahwa MP3 akan di-discontinued.

Menurut pernyataan perusahaan yang dilaporkan oleh Gizmodo, langkah ini dilakukan karena format MP3 udah kalah jauh kualitasnya sama  jenis file musik terbaru yang lebih canggih.

Katanya, perangkat audio visual sekarang dan masa depan akan lebih memilih format AAC atau MPEG karena kualitasnya. “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para pembeli lisensi atas dukungan dalam jadikan MP3 sebagai audio codec defacto di dunia, selama dua dekade terakhir,” sebut Fraunhofer Institute dalam sebuah pernyataan.

Terus, file MP3 yang kita punya bakal gimana?

Penghentian lisensi ini bukan berarti file MP3 di komputer tiba-tiba akan mogok bekerja atau hilang gitu aja. Semua file MP3 tetap bisa dimainkan. Format file tersebut belum “mati”, malahan mendapat justifikasi untuk terus hidup.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Selasa (16/5), penghentian lisensi MP3 bisa dipandang sebagai “kabar baik” karena formatnya kini jadi terbuka tanpa terhadang paten Fraunhofer yang mesti dilisensi.

Misalnya kalo pengguna membeli MP3 dari toko online, toko yang bersangkutan selama ini mesti membayar biaya lisensi ke Fraunhofer selaku pemegang paten. Nah, pembayaran tersebut kini tak perlu dilakukan lagi.

Tuh, nggak usah khawatir deh. Tapi emangnya masih ada yang dengerin musik lewat MP3 player?

Source : KOMPAS

No comments:

LIVE STREAMING

Loading the player...

2LAPANCM - MINGGU INI

#2LAPANCM sehabis siaran!

FAN PAGE

Twitter

KUNJUNGAN