Benar Nggak Ya Gol Pertama Ronaldo ke Gawang Atletico Off Side?

. . No comments:
https://metrouk2.files.wordpress.com/2017/05/pri_38408231.jpg?w=748&h=534&crop=1


Sebuah kejadian kontroversi kembali menghiasi kemenangan Real Madrid di kompetisi Liga Champions. Setelah Bayern Muenchen, kali ini Atletico Madrid merasakan gol berbau kontroversi Cristiano Ronaldo.

Gol pertama Ronaldo dianggap tak sah karena sudah berada di posisi offside.

Hal ini dikatakan oleh mantan gelandang Real Madrid Steve McManaman. "Saya rasa dia (Ronaldo) offside," kata McManaman di BT Sport.

"Saya pikir saat umpan silang dilepas, hakim garis seharusnya mengibarkan bendera, saya benar-benar akan melakukannya," lanjutnya.

Namun berbeda dengan McManaman, kolumnis Joe.co.uk, Ben Kiely, menganggap gol Ronaldo sah.
Kiely mengatakan gol pertama Real Madrid sah karena Ronaldo dianggap tidak mengganggu permainan oleh wasit saat Sergio Ramos melepas umpan silang. Sehingga wasit tak menghentikan laga karena Ronaldo tak mengganggu pemain lawan meski berada di posisi offside.

"Sejak ia tidak menyentuh bola atau mengganggu pandangan kiper terhadap bola, satu-satunya wilayah abu-abu apakah Ronaldo mengganggu lawan atau tidak" tulis Kiely.

Kiely kemudian menunjukkan peraturan FIFA soal definisi mengganggu pemain lawan. Aturan tersebut berbunyi, sebagaimana dikutip dari Joe.co.uk, "Mengganggu berarti mencegah pemain saat bermain."

"Memainkan bola dengan jelas menghalangi garis penglihatan atau gerakan lawan."

"Atau dengan isyarat atau gerakan yang menurut pendapat wasit menipu atau mengalihkan lawan."

Jika dilihat dari rekaman ulang, maka dapat dipastikan bahwa Ronaldo tak mengganggu pergerakan lawan saat Ramos melepaskan crossing pertama. Ronaldo tampak hanya melompat dan bola dapat disapu oleh Savic. Bola sundulan Savic kemudian disambar Casemiro dan dikonversi oleh Ronaldo menjadi gol.

Eks wasit internasional yang kini menjadi pundit Marca, ndujar Oliver, juga mengatakan demikian.
Menurut Oliver, posisi Ronaldo pada awalnya memang offside ketika Sergio Ramos melepaskan crossing.

Meski demikian, Ronaldo tak mengganggu serta tak menyentuh bola yang dapat disapu bersih oleh Savic. Sehingga Ronaldo dianggap sah mencetak gol usai menanduk umpan dari Casemiro.

No comments:

LIVE STREAMING

Loading the player...

2LAPANCM - MINGGU INI

#2LAPANCM sehabis siaran!

FAN PAGE

Twitter

KUNJUNGAN